Pengetahuan Sangat Berpengaruh Terhadap Pemilihan Alat Kontrasepsi IUD di Kecamatan Wonosalam Demak
PDF

Keywords

Pengetahuan
KB
IUD

How to Cite

Indarwati, N., Kartasurya, M., & Purnami, C. (2020). Pengetahuan Sangat Berpengaruh Terhadap Pemilihan Alat Kontrasepsi IUD di Kecamatan Wonosalam Demak. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 9(1), 74-85. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/92

Abstract

Kabupaten Demak merupakan Kabupaten dengan laju pertumbuhan tertinggi (1.5%/tahun), namun jumlah peserta KB IUD mengalami penurunan. Kepesertaan IUD di Kecamatan Wonosalam masih sangat rendah, padahal jumlah peserta KB aktif baru tergolong tinggi.Fasilitas memadai sudah disediakan dan semua bidan puskesmas sudah mendapatkan pelatihan pemasangan dan pencabutan IUD.

Menurut Green (1980), perilaku seseorang dipengaruhi beberapa faktor antara lain faktor prediposisi. Faktor yang termasuk dari faktor predisposisi antara lain adalah pengetahuan. Sehingga ada kemungkinan bahwa perilaku pemilihan alat kontrasepsi IUD  tersebut juga dapat disebabkan oleh pengetahuan mereka tentang IUD masih rendah. Penelitian ini mengidentifikasi apakah ada hubungan antara pengetahuan dengan pemilihan kontrasepsi IUD di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan sangat mempengaruhi praktik dalam pemilihan alat kontrasepsi.

PDF