HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI PERSALINAN DI BIDAN PRAKTEK SWASTA ENDANG PURWANINGSIH PLERET BANTUL
PDF

Keywords

kecemasan, pengetahuan, ibu hamil primigravida

How to Cite

Lendy, E., Handayani, S., & Kora, F. (2020). HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI PERSALINAN DI BIDAN PRAKTEK SWASTA ENDANG PURWANINGSIH PLERET BANTUL. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 9(1), 102-112. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/94

Abstract

Latar belakang: Kecemasan adalah gangguan alam perasaan yang ditandai dengan perasaan ketakutan atau kekhawatiran yang mendalam atau berkelanjutan, tidak mengalami gangguan dalam menilai realitas. pengetahuan mempunyai peranan penting dengan persiapan ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Menurut data Dinkes, diIndonesia pada tahun 2012 hampir 76,8% ibu mengalami kecemasan pada akhir kehamilan kecemasan ibu 80% diantaranya dialami oleh ibu primigravida. Hal ini, di sebabkan salah satu faktor psikologis ibu dalam menghadapi persalinan.

Tujuan: untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu hami primigravida trimester IIIdengan kecemasan menghadapi persalian di BPS Endang Purwaningsih Pleret Bantul.

Metode penelitian: jenis penelitian ini adalah kuantitatif,  metode yang digunakansurvey analitikdengan pendekatan desain crosssectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 54 responden dengan sampel sebanyak 34 responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposivesampling.

Hasil penelitian: hasil uji kendaltaudengannilai korelasi sebesar 0,504, dimana nilai p= 0,001,<α=0,05 pada tingkat kepercayaan 95% (α 0,05).Ada hubungan pengetahuan ibu hamil primigravida trimester III dengan kecemasan menghadapi persalinan di BPS Endang Purwaningsih Pleret Bantul.

Kesimpulan: pengetahuan ibu hamil primigravida trimester III berhubungan dengan kecemasan ibu dalam menghadapi persalinan.

PDF