Abstract
ABSTRAKDIII Kebidanan merupakan sekolah vokasi yang memiliki proporsi praktik lebih besar yaitu 60% dari pada teori. Besarnya proporsi tersebut menuntut lulusan bidan untuk profesional dalam menjalankan asuhan kebidanan. Keberhasilan itu tentunya tidak terlepas dari peran pembimbing akademik dalam mendampingi proses pembelajaran praktik. Kendala keterbatasan waktu dan jarak lokasi praktik yang jauh menjadikan pembimbing akademik kesulitan dalam menjalankan perannya, khususnya sebagai fasilitator dan evaluator. Kemajuan tehnologi di era
4.0 ini memberikan solusi dan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran termasuk Praktik Klinik Kebidanan. E-monitoring interaktif berbasis Edmodo diharapkan menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi keterbatasan pembelajaran praktik klinik kebidanan . Penelitian ini bertujuan ntuk menganalisis pengaruh penggunaan E-Monitoring Interaktif berbasis Edmodo terhadap peran pembimbing akademik sebagai fasilitator dan evaluator. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Systemetic Literature Review dengan Meta Analisis. Sumber data penelitian yang memenuhi kriteria inklusi dianalisis menggunakan standar PICO dan meta analisis dilakukan dengan bantuan aplikasi Epiyudin. Hasil penelitian ini yaitu selisih rerata dan interval kepercayaan memiliki nilai 8,322 (IK95%) untuk peran fasilitator dan nilai 9,005 (IK95%) untuk peran evaluator. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan e-monitoring interaktif terhadap peningkatan peran pembimbing akademik sebagai fasilitator dan evaluator.