HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG MENOPAUSE DENGAN KECEMASAN IBU MENGHADAPI MENOPAUSE
PDF

Keywords

Pengetahuan, Kecemasan, Menopause

How to Cite

Nomnafa, P., & Wulandari, S. (2020). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG MENOPAUSE DENGAN KECEMASAN IBU MENGHADAPI MENOPAUSE. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 7(2), 176-184. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/34

Abstract

Menopause merupakan tahap akhir masa reproduksi seorang perempuan. Perempuan yang akan memasuki menopause akan mengalami masalah fisik dan psikologis, apabila hal tersebut tidak ditangani dengan baik maka akan  menimbulkan kecemasan, sehingga diperlukan adanya pengetahuan yang cukup.  Hasil studi pendahuluan di Kelurahan Sorosutan menunjukkan bahwa dari 10 wanita, terdapat 6 wanita tidak mengerti tentang menopause dan 7 wanita mengalami kecemasan dalam menghadapi menopause.

Penelitian ini bertujuan Membuktikan  hubungan antara pengetahuan ibu tentang menopause  dengan kecemasan ibu menghadapi menopausedi Kelurahan Sorosutan Umbulharjo Yogyakarta.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain  penelitian survei analitikdan pendekatan cross sectional.  Sampel penelitian sebanyak 40 orang dengan metode total sampling.  Instrument penelitian menggunakan kuesioner tertutup.  Metode analisa data menggunakan distribusi frekuensi dan uji Kendall’s tau.

Penelitian ini membuktikan adanya hubungan signifikan pengetahuan ibu  tentang menopause dengan kecemasan ibu dalam menghadapi menopause sebesar – 0,304 dengan p value  0,011.

 

 

 

PDF